Wednesday, January 10, 2018

30 % Monyet Florida Terinfeksi Virus Herpes B


 
Virus Herpes B Berbahaya bagi Manusia
Para peneliti menemukan 30 % monyet di Florida terinfeksi virus Herpes B.

US Centres for Disease Control and Prevention (CDC) menerbitkan hasil penelitian terbaru  tentang penyakit menular yang disebarkan oleh monyet rawa liar  di  Taman Negara Bagian Florida. Sebanyak 30% monyet rherus asli Asia yang didatangkan sejak 1930-an untuk meramaikan pariwisata di Florida ini,  terinfeksi strain herpes B yang sangat berbahaya bagi manusia. 

Hasil penelitian ini diterbitkan di jurnal Centers for Disease Control and Prevention Emerging Infectious Diseases. Periset CDC dari Universitas Florida dan Florida Fish and Wildlife Conservation Commission menganalisis sampel kotoran dan air liur monyet yang berkeliaran di Taman Silver Springs State dan sepanjang sungai Ocklawaha, Florida Tengah sepanjang kurun waktu 2000—2012.

Para peneliti juga mengalisis DNA virus yang diambil dari monyet di taman setempat sepanjang 2015—2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 30% monyet yang diuji selama periode tersebut positif terinfeksi virus herpes B (macacine herpesvirus 1 (McHV-1)) yang sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal bagi manusia.

Virus herpes B sangat jarang terjadi pada manusia, dari  50 kasus yang pernah didokumentasikan di seluruh dunia, penderita ditularkan akibat gigitan dan goresan monyet saat sedang bekerja dengan hewan di laboratorium. 

Dari 50 kasus infeksi tersebut, 21 orang berakibat fatal. Penyakit herpes B ini menyebabkan kerusakan otak parah hingga kematian jika pasien tidak segera diobati secara intensif.

"Infeksi virus Herpes B sangat jarang terjadi pada manusia, tapi bila terjadi, bisa mengakibatkan kerusakan otak atau kematian jika pasien tidak segera diobati," kata juru bicara CDC, Ian Branam.

Saat ini, lanjutnya pemeriksaan, pelaporan, dan investigasi diagnostik imunologis pada manusia masih minim. Padahal,  para pengunjung di Taman Silver Springs State bisa terpapar virus tersebut melalui kontak dengan air liur, goresan kuku, gigitan kecil, atau melalui urine dan kotoran yang dikeluarkan monyet terinfeksi.

Para periset menyarankan agar monyet-monyet tersebut di keluarkan dari Teman Negara. Saat ini ada sekitar 175 monyet yang berkeliaran di Silver Spring Park, dan menyebar ke daerah Ocala, Sarasota, dan Tallahassee. Monyet-monyet ini memiliki kemampuan reproduksi yang tinggi, dan kemampuan menyebar sehingga mengancam keberadaan fauna asli di Florida.

Samantha Wisely, ahli ekologi penyakit Universitas Florida dan salah satu penulis studi tersebut, mengatakan hingga saat ini belum diketahui sebesar apa ancaman kesehatan masyarakat yang dapat ditimbulkan oleh monyet-monyet tersebut. Namun, dia meminta pengelola satwa liar Florida mempertimbangkan penyebaran virus herpes B yang dapat mengancam kesehatan manusia di masa depan.

(Sumber : miami.cbslocal.com, gizmodo.com, wesh.com)







Blog ini tempat berbagi informasi dan inspirasi dari penulis


EmoticonEmoticon