Monday, February 5, 2018

7 Sumber Asam Folat Alami Tanpa Minum Pil

7 Sumber Asam Folat Alami Tanpa Minum Pil
7 makanan super sumber asam folat alami.



Asam folat identik dengan vitamin Ibu hamil, tentu saja karena semua vitamin prenatal memang ada di asam folat. Namun,  asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh Ibu yang sedang hamil atau berencana hamil karena nutrisi ini harus tersedia dalam jumlah cukup dalam tubuh untuk membuat sel-sel baru.

Dilansir dari www.womenshealthmag.com, Ahli Gizi Alex Caspero, R.D., memaparkan, folat atau dalam bentuk sintetisnya disebut asam folat merupakan vitamin B yang memiliki kekuatan super untuk semua wanita. Peran utama folat adalah membuat sel baru dengan membantu menghasilkan bahan genetik (DNA dan RNA).

Inilah kenapa asam folat sangat penting selama masa kehamilan karena sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan sel yang cepat, yaitu selama masa pertumbuhan janin. Folat juga memiliki peran penting dalam pergantian sel darah merah, serta membantu melindungi dari penyakit jantung dan kanker payudara.


Tidak terpenuhinya asupan asam folat dalam jumlah yang cukup dapat menyebabkan masalah serius termasuk peningkatan resiko kanker servik, kolon, otak dan paru-paru. Kurangnya asam folat juga bisa memicu anemia karena tubuh membutuhkan vitamin ini untuk memproduksi sel-sel baru. Gejala kekurangan folat meliputi kelemahan, kelelahan, dan sesak nafas.

Hasil riset dari Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat, menyatakan  50% sampai 75% cacat lahir serius dapat dicegah dengan asupan asam folat yang cukup saat sebelum hamil dan bulan pertama kehamilan.

Dianjurkan,  wanita usia subur setidaknya mendapat 400 microgram (mcg) folat sehari. Jumlah ini mungkin terdengar sangat besar, tapi asupan sebanyak itu bisa didapatkan dengan memakan roti alpukat dan  jus jeruk untuk sarapan pagi, menambahkan setengah cangkir kacang-kacangan ke salad makan siang, dan mengemil brokoli dan hummus (selai dari kacang arab dicampur wijen dan minyak zaitun) pada sore hari.

Bagi wanita yang sedang hamil atau berencana hamil membutuhkan asupan folat hingga 600 mcg per hari. Meskipun mungkin cukup mendapatkan folat dari makanan, banyak dokter yang merekomendasikan vitamin asam folat untuk memastikan kebutuhan folat terpenuhi.

Pastikan, makanan berikut ini yang merupakan sumber folat alami masuk ke keranjang belanja Anda :

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan, seperti  kacang polong kering, buncis, dan lentil (kacang lunak dalam bentuk kering) merupakan sumber alami terbaik folat. Setengah cangkir kacang-kacangan jenis ini mengandung folat, protein, serat, karbohidrat kompleks, zat besi dan hampir bebas lemak serta memiliki indeks glikemik yang rendah.


Lentil memiliki kandungan folat terbesar, dimana setengah gelas lentil mengandung 179 mcg folat, memenuhi sekitar 45% kebutuhan folat harian Anda. Anda bisa menambahkan kacang lentil ke dalam setiap masakan seperti olahan daging sapi dan menjadikan lentil sebagai pengganti tauco dan cabai.

Sedangkan buncis mengandung 121 mcg per kaleng. Disarankan untuk menambahkan buncis panggang ke salad Anda sebagai pengganti crounton (potongan roti tawar panggang). Atau, mulai sekarang coba tambahkan setengah cangkir kacang polong hitam yang memenuhi 26% asupan asam folat yang dibutuhkan. Kacang-kacangan ini juga enak diolah menjadi tumisan atau sup sayuran.


Bayam

Anda perlu menambahkan lebih banyak sayuran hijau ke dalam makanan Anda. Satu cangkir bayam mentah mengandung 58 mcg folat, atau sekitar 15% dari kebutuhan harian Anda. Bayam juga mengandung fitokimian seperti beta karoten dan lutein yang dapat melawan berbagai jenis kanker. Coba menu ini untuk sarapan pagi : Campurkan 1 cangkir daun bayam, ½ pisang beku, 1 sendok selai kacang, 1 sendok biji chia, dan 1 ½ cangkir susu, lalu diblender sampai lembut dan halus.

Brokoli

Sayuran renyah ini merupakan makanan super, mengandung anti oksidan yang menghancurkan radikal bebas dan mengandung serat yang membantu pencernaan. Setengah cangkir brokoli mengandung 84 mcg folat. Bisa Anda nikmati sebagai toping pizza atau campuran pasta untuk mendongkrak asupan asam folat Anda.

Asparagus

Secangkir sayuran rendah kalori ini menyediakan 70 mcg asam folat, berikut Vitamin A, C dan K. Panggang satu ikat asparagus untuk persiapan makanan selama satu minggu, atau cincang asparagus menjadi ukuran sedang dan campurkan sebagai bahan salad. Atau menjadi bahan campuran telur orak-arik, bisa juga dikombinasikan dengan ayam dan nasi merah sebagai lalapan favorit Anda.

Alpukat

Alpukat menjadi sumber folat terbaik, menyediakan 54 microgram folat, atau sekitar 10% dari kebutuhan folat harian Anda. “Menukar mayonase dan mentega Anda dengan alpukat merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan asupan folat Anda dan meningkatkan kesehatan jantung,” ujar ahli nutrisi, Elizabeth Shaw, R.D.N., (R)


Blog ini tempat berbagi informasi dan inspirasi dari penulis


EmoticonEmoticon