Friday, May 11, 2018

8 Manfaat Racun Kalajengking Bagi Kesehatan

manfaat racun kalajengking
Racun kalajengking memiliki manfaat untuk kesehatan, tapi sayang
bahan baku minim dan progres penelitian melambat.


Ngomongin kalajengking,  pikiranku tiba-tiba melesat ke peristiwa 15 tahun silam, ketika masih ngekos di Kohati TP, Karawangwuni, Kaliurang, Yogyakarta. Saat itu, suasana masih pagi, tiba-tiba salah satu penghuni kos putri khusus muslimah heboh dengan kemuncullan seekor kalajengking yang cukup besar.

Kalajengking itu memiliki tubuh hitam, ekornya melengkung hingga hampir menyentuh punggungnya. Bergerak lambat sambil memainkan jepitnya. Yang bikin kaum perempuan di kosan itu menjerit-jerit karena saat mengusir menggunakan sapu, kalajengking dengan sigap memutar tubuhnya sambil melawan menggunakan capitnya. Arrghhh...mengerikan memang.

Kehebohan mulai mereda, ketika Sigit, anak muda tetangga depan kosan datang bersama bapaknya sebagai pahlawan yang mambawa cangkul dan memukul kalajengking tersebut. Huhhhh...beberapakali masih terdengar teriakan karena kalajengking tersebut bisa berkelit dan menghindar sambil mengejar ke arah cangkul sambil memainkan capitnya. Sigit beberapakali melompat mundur dibuatnya.

Itulah yang pertama terbayang dipikiranku saat media mainstream dan medsos heboh dengan tentang racun kalajengking  yang mencapai Rp145 miliar per liter. Kalajengking ini menjadi buah bibir ketika  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkannya jika ingin menambah kekayaan, carilah dari racun kalajengking. Hal itu, dia sampaikan pada pidatonya di acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional 2018 pada 30 April 2018 di Jakarta.

Satu lagi yang bikin penasaran, harga racun semahal itu emangnya dibeli buat apa ya oleh dunia internasional? Akhirnya rasa penasaran itu terjawab. Rupanya, racun kalajengking ini sangat berguna dalam dunia pengobatan. Dilansir dari Treatment Solutions dan science.idntimes.com , berikut ini 8 manfaat racun kalajengking bagi kesehatan manusia :
                                       
1)   Protein dari racun kalajengking menunjukkan aktivitas anti mikroba. Sehingga dapat dijadikan sebagai bahan tambahan pada obat antibiotik.

2)   Potensial dalam pengobatan kanker
Peneliti zoologi dari Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syahfitri Anita, MSi, mengatakan venom (racun) kalajengking mengandung komponen molekul aktif dan protein yang memiliki fungsi berbeda-beda. "Penelitian menunjukkan ada karakteristik komponen protein pada venom yang bisa digunakan untuk membunuh sel-sel kanker," tambahnya.  

Bahkan saat ini sudah beredar obat yang disebut Vidatox, diperoleh dari kalajengking biru, yang dikenal sebagai “obat ajaib Kuba”. Obat tersebut menunjukkan aktivitas anti kanker yang menjanjikan, dan menunjukkan hasil positif melawan berbagai jenis kanker.

3)   Racunnya juga menunjukan sifat anti malaria

4)   Pereda rasa sakit
Sudah ada penelitian awal yang menemukan bahwa bahan kimia yang berasal dari racun kalajengking dapat menjadi obat penghilang rasa sakit. Walaupun akan terasa pada jenis rasa sakit tertentu. Kuncinya adalah menentukan efek samping yang ditimbulkan.

Kebanyakan obat baru yang muncul untuk penatalaksanaan nyeri sangat adiktif, sehingga berisiko menyebabkan wabah kecanduan akan obat tersebut. Oleh karena itu, para peneliti sangat berhati-hati tentang kemungkinan kecanduan racun kalajengking.

5)   Mencegah kegagalan transplantasi jantung
Racun kalajengking juga dapat digunakan dalam operasi transplantasi jantung. Operasi ini sering dilakukan pada pasien dengan riwayat penyakit jantung. Kegunaan racun dalam transplantasi jantung adalah untuk mengurangi risiko kegagalan ketika transplantasi sedang dilakukan.

6)   Mencegah kegagalan cangkok vena
Penemuan ini ditemukan di Universitas Leeds, Inggris.  Kalajengking memiliki racun yang disebut margatoxin. Racun ini dapat dimanfaatkan dalam dunia medis terkait transplantasi pembuluh darah. Dengan margatoxin, risiko kegagalan selama proses pencangkokan(transplantasi) dapat dicegah.

7)   Menjadi pestisida alami
Racun kalajengking juga bisa digunakan sebagai pestisida alami. Bahkan, pestisida dari racun kalajengking dianggap lebih ramah lingkungan dibanding pestisida kimia buatan pabrik. Bagaimana bisa? Karena mengandung racun, pestisida yang terbuat dari racun kalajengking akan mematikan semua jenis hama di tanaman.

8)   Racun kalajengking memiliki protein khusus yang mampu menekan sistem imunitas manusia. Membuat racun ini memungkinkan untuk digunakan sebagai obat penyakit-penyakit auto imun (Sistem imun yang menyerang tubuh Anda sendiri) seperti rematik, lupus, radang usus, dll.

Sayangnya progres penelitian tentang manfaat racun kalajengking ini berjalan lambat karena jumlah racun kalajengking yang diperoleh sangat sedikit. Namun peneliti berharap upaya penelitian ini dapat merevolusi dunia pengobatan dalam mengobati suatu penyakit.

cara memerah racun kalajengking
Memerah racun kalajengking bisa membahayakan nyawa, tapi sudah
ada beberapa teknologi cara memerah racun kalajengking.

Mengumpulkan racun kalajengking disebut dengan 'memerah/milking'. Rata-rata satu ekor kalajengking hanya mampu menghasilkan 0,006 hingga 2 mg racun saja. Proses 'memerah' racun ini sangat sulit. Bahkan dapat membahayakan nyawa saat melakukannya.

Beberapa metode untuk mengekstrak racun kalajengking adalah sebagai berikut:

  1. Menusuk kelenjar racun kalajengking, atau disebut juga pembedahan perut. Namun teknik ini dirasa kurang efektif, selain itu juga dapat menyakiti binatang
  2. Menstimulasi dengan listrik, perut kalajengking dirangsang menggunakan listrik untuk melepaskan racun. Teknik ini dapat menghasilkan racun dalam jumlah yang besar
  3. Mengekstrak racun menggunakan robot. Para peneliti telah berhasil mengembangkan robot untuk mengekstrak racun kalajengking. Robot ini mudah untuk dibawa dan dirancang sedemikian rupa. Sehingga tidak membahayakan binatang. Robot ini dapat dioperasikan oleh satu orang baik di laboratorium maupun lapangan.

Hasil penelitian tentang racun kalajengking masih minim, bahan baku racun kalajengking terbatas, serta  tekhnologi memerah kalajengking yang sulit bahkan bisa mengancam nyawa, apakah Anda tertarik untuk meraih dollar dengan mengumpulkan racun kalajengking? (R)


Blog ini tempat berbagi informasi dan inspirasi dari penulis


EmoticonEmoticon