Tuesday, February 13, 2018

Kunyit Potensial Untuk Terapi Pengobatan Endometriosis


Kunyit potensial untuk terapi pengobatan endometriosis
Penelitian terbaru menyatakan kunyit sangat  potensial
untuk terapi pengobatan endometriosis.


Endometriosis dialami 1 dari 10 wanita di Australia. Dan, banyak diantara mereka yang merasakan nyeri dan sakit secara diam-diam karena kurangnya kesadaran akan penyakit tersebut. Endometriosis terjadi karena adanya jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di dalam rahim sehingga menyebabkan penebalan dinding rahim.

Ini menimbulkan rasa nyeri yang luarbiasa  saat menstruasi, darah mesntruasi juga keluar lebih banyak dari normal. Endometriosis diduga menyebabkan masalah kesuburan yang kronis.

Hingga kini tidak diketahui penyebab dan penyembuhan pasti dari kondisi endrometriosis ini. Namun, dilansir dari www.womenshealth.com.au, Februari 2018,  penelitian terbaru menyatakan kunyit menjadi salah satu pilihan pengobatan yang potensial untuk endometriosis.
  
Rempah yang termasuk superfood  ini sebelumnya telah terbukti memiliki sifat anti oksidan, anti inflamasi, hipoglikemik, penyembuhan luka, anti mikroba, anti tumor, anti angiogenik, anti mutagenik, anti metastasis dan membantu pengaturan keseimbangan hormon dalam tubuh.


Sebuah ulasan tentang studi efek curcumin—senyawa pencipta warna kuning pada kunyit— terhadap endometriosis diterbitkan di jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy.

Hasil penelitian di laboratorium dan uji coba pada hewan menunjukkan efek kurkumin dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan atau pembengkakan dengan menekan ekpresi sitokin—sel-sel protein kecil sebagai mediator— inflamasi.

Kurkumin juga ditemukan mampu menekan rasa sakit, penyebaran dan pembentukan lesi endometrium sehingga menghambat perkembangan penyakit ini.

Para peneliti mengatakan dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membukti efek kurkumin ini pada manusia, tapi mereka menyatakan kunyit memiliki efek pengobatan dalam penyembuhan endometriosis.

Menambahkan lebih banyak kunyit ke makanan Anda mungkin tidak otomatis menyembuhkan endometriosis, tapi ini menjadi pilihan yang aman dan murah untuk terapi pengobatan endometriosis. (R)




Blog ini mengajikan berita dan analisis yang sesuai dengan kaidah jurnalisik. Ditulis dalam bentuk feature.


EmoticonEmoticon