Wednesday, September 13, 2023

Menikmati Jjajangmyeon Cita Rasa Autentik Korea di Hanjjajang Bandar Lampung

Tags



RINDAMULYANI (Bandar Lampung) - Restoran Korea Hanjjajang di Bandar Lampung menyediakan menu korea dengan citarasa asli dan autentik. Empat menu andalan di restoran ini, yaitu Jjajangmyeon, Jjamppong, Tangsuyuk, dan Tteokbokki diracik oleh chef orang asli Korea.

Hanjjajang tepatnya beralamat di Jl. Hos Cokroaminoto No.114, Enggal, Kecamatan Tanjungkarang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung, dekat SMKN 4 Bandar Lampung.

Owner Hanjjajang, Jany, mengatakan, restoran korean food miliknya mulai dibuka pada awal Desember 2023. Chef di restorannya adalah suaminya sendiri yang merupakan orang Korea.

Dia menjelaskan, latarbelakang dibukanya restoran korea tersebut karena dia dan suaminya penyuka Jjajangmyeon. Namun, di Bandar Lampung belum menemukan Jjajangmyeon dengan citarasa asli seperti di Korea.

 “Kalau mau makan Jjajangmyeon itu ke Jakarta dulu. Kalau di sini, belum nemu yang rasanya mirip di Korea, jadi ya itu (buka restoran ini),” ujar Jany, Jumat (8/9/2023).

Menurut Jany, menu Korea yang asli menggunakan minyak babi dan daging babi, tetapi Hanjjajang membuat menu Korea versi halalnya karena mayoritas masyarakat Lampung beragama Islam.

“Menurut suamiku, Jjajangmyeon di Jakarta itu tastenya sudah mirip Korea, tapi kan nonhalal, ya pakai babi kan. Nah, kita di sini bikin yang versi halalnya,” jelas Jany.

Mereka mengganti daging dan minyak babi dengan daging dan lemak ayam. Selain itu, semua bahan dan bumbu juga dipilih yang halal, mulai dari kecap asinnya, dan bumbu-bumbu lainnya.

“Bumbunya kita nggak pakai mirin, angciu, dan segala macam lainnya (yang mengandung bahan babi),” kata Jany.

Dia mengatakan, respon konsumen cukup antusias dan banyak yang repeat order. Pelanggannnya berasal dari berbagai kalangan, baik anak muda, keluarga, maupun pelajar.

“Rata-rata anak muda ada, keluarga ada, random sih, kadang anak sekolah juga ada,” tuturnya.

Dia memaparkan, untuk saat ini, masih tersedia empat menu di Hanjjajang, yaitu Jjajangmyeon yang merupakan mie disiram saus kedelai hitam dan dikasih makanan pendamping Danmuji berupa acar lobak putih.

Lalu, Jjamppong berupa mi kuah pedas Korea dengan makanan laut dan gochugaru (cabe bubuk halal). Selanjutnya, Tangsuyuk berupa hidangan daging ayam saus asam manis, dan Tteokbokki berupa tepung beras berbentuk bulat panjang yang dimasak dalam bumbu gocujang (pasta cabai) yang halal dengan cita rasa pedas manis.

“Menunya masih sedikit, ada empat menu, jadi semuanya best seller, tapi yang paling kita rekomendasikan sih Jjajangmyeon,” ujarnya. 

Bagi yang ingin mengetahui menu dan harga di Hanjjajang juga bisa melihat akun Instragramnya @han_jjajang. Untuk Jjajangmyeon hanya dihargai Rp30 Ribu, Jjamppong Rp35 Ribu, Tangsuyuk Rp55 Ribu, Tteokbokki Rp20 Ribu – Rp30 Ribu sesuai pilihan toping original, keju, sosis, dan keju-sosis. Juga tersedia Jjamppongbab (Jjamppong pakai nasi) seharga Rp35 Ribu. (RINDA/R-1)

Blog ini tempat berbagi informasi dan inspirasi dari penulis

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon