Thursday, February 8, 2018

Kurangi Makan Ini Untuk Memerangi Kanker Payudara

Kurangi Makan Ini Untuk Memerangi Kanker Payudara
Mengurangi konsumsi makanan mengandung asparagin
dapat meningkatkan kematian sel kanker dalam tubuh.


Perubahan pola makan yang sehat telah lama dikaitkan dengan pengurangan risiko berbagai macam kanker. Bahkan, sebuah studi terbaru seperti dilansir dari womenshealth.com.au, Februari 2018, menyatakan membatasi konsumsi makanan tertentu juga dapat meningkatkan kematian sel-sel kanker dalam tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan, mengurangi konsumsi asam amino yang disebut asparagin secara signifikan dapat mengurangi kemampuan sel kanker untuk menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Beberapa jenis makanan yang tinggi asparagin antara lain daging sapi, unggas, telur, ikan, susu, makanan laut (seafood), asparagus, kacang polong, kentang, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai.

Sedangkan, makanan yang rendah asparagin hampir seluruh buah-buahan dan sayur-sayuran. Pasien kanker disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi konsumsi daging, ikan, susu, serta kacang-kacangan.


Salah satu penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Nature menjelaskan hasil eksperimen pembatasan diet pada tikus yang memiliki kanker payudara triple-negatif. Kanker ini merupakan jenis yang penyebaran dan pertumbuhannya sangat cepat, serta sering resisten terhadap pengobatan.

"Studi kami menambah bukti bahwa diet dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker," kata salah satu penulis penelitian, Simon Knott.

Para periset mengatakan sebagian besar wanita dengan kanker payudara tidak menyerah pada tumor asli, tapi lebih kepada perkembangan tumor di tempat lain yang merupakan pertumbuhan lanjut dari tumor utama.

Jika penelitian ini diterapkan kepada manusia, pasian kanker yang mengurangi konsumsi asparagin akan dapat meningkatkan kinerja terapi yang ada. (R)


Blog ini tempat berbagi informasi dan inspirasi dari penulis


EmoticonEmoticon